Saturday, March 5, 2011

PYRAMID ABSORBER pada ANECHOIC CHAMBER

Penulisan blog ini khusus ditulis penjelasan mengenai Anechoic Chamber. Penjelasan utama mengenai anechoic chamber bisa anda lihat di tulisan saya yang berjudul anechoic chamber. Di Indonesia sangat jarang sekali penjelasan mengenai anechoic chamber, bahkan apa itu pyramid absorber. Sehubungan dengan hal itu saya Dewi Ambarsari,Amd termasuk salah satu asisten di laboratorium Dasar Transmisi (sekarang dah lulus. Hehe… lagi cari kerja. T.T) ingin membagikan ilmu yang saya dapat di laboratorium.
Pada perancangan suatu anechoic chamber kita harus mempertimbangkan material apa yang digunakan sebagai peredam. Pada pembahasan pada blog ini saya akan menjelaskan khususnya tentang material dan cara instalasi pyramid absorber (peredam yang berbentuk pyramid).

Material Anechoic Chamber
Sebelum masuk ke penjelasan lebih jauh, sebenarnya apa sih pyramid absorbers? pyramid absorbers serupa dengan penyerap / peredam yang mempunyai bentuk pyramid. Pyramid absorbers digunakan untuk pengukuran RF. Bagaimana bisa? Hal ini karena suatu ruangan yang jika dipenuhi dengan pyramid absorbers akan menjadi kedap suara, yang terdengar adalah suara degup jantung kita. Lalu ada pertanyaan? Kenapa g pake karpet aja? Karpet memang meredam namun tidak dapat menyerap dengan baik suara. Yang dibutuhkan dalam suatu pengukuran RF adalah yang bebas noise.



Asumsinya adalah gambar diatas.
Hal-hal yang menjadi bahan pertimbangan antara lain :
1. Frekuensi yang ingin di cover (termasuk pertimbangan mengenai performansi chamber)
2. Ukuran ruangan yang ingin di instalasi, mempertimbangkan juga biaya.
Sebenarnya ada 3 jenis absorber yang biasa digunakan yaitu ferrite, pyramid dan hybrid.


Gambar 1 Pyramid absorber
Pyramid absorber yang biasa digunakan antara lain berukuran 100mm-2500mm. Panjang yang dibutuhkan tergantung dari panjang gelombang terendah yang dapat dipakai oleh frekuensi anechoic chamber. Ukuran pyramid akan semakin menurun jika frekuensinya bertambah.
Pyramid ab¬sorbers dengan ukuran ≥2,000mm sebagian besar digunakan di chamber dengan ukuran ruangan sampai 10mx10m. dimana syarat korelasi NSA lebih baik dari ±4dB untuk frekuensi dari 30MHz to 1GHz. Pada test dengan frekuensi mulai dari 80MHz ,masing-masing syarat dapat dipenuhi dengan panjang pyramid 75cm. untuk pengukran ≥1GHz, cukup dengan ukuran 200 - 300mm. Membandingkan pada ferrite absorbers, pyramid absorbers lebih murah (tergantung ukuran), berat lebih ringan dan bisa digunakan untuk frekuensi yang tinggi (GHz).

Proses Instalasi
Pyramid absorbers diletakan system konstruksi jeruji (gambar 2). Bis langsung satu-satu atau setelah dirakit diatas plat dulu. Pada kombinasi ferrite absorbers, pyramid absorbers di instalasi menggunakan plastik bergalur balok. Semua tipe instalasi mudah tanpa bahaya.


Gambar 2 Jeruji pada instalasi pyramid absorber

1 comment:

  1. My first work experience in an anechoic chamber (i used to work at a loudspeaker development facility) and right next to it, they had what they called ‘the hard room’, a big floated reverberant room in polished concrete to measure acoustic energy as it decays. Sound seemed to bounce around like forever in there…

    Electromagnetic Compatibility

    ReplyDelete

Cara Menyenangkan Mengajarkan Bahasa Inggris Pada Anak

pic from : bnu.edu.iq Mumpung lagi on-fire nulis blog, mari lanjutkan tulisan yang udah terlanjur numpuk di otak. Hehe.. Kali ini saya...