Sunday, August 22, 2010

PENGENDALIAN MUTU TELEKOMUNIKASI

Sekedar share dan berbagi ilmu dunia pertelekomunikasian. Berikut akan saya tuliskan beberapa parameter dari QoS (Quality of Service) dalam pengendalian mutu telekomunikasi. Semoga bisa bermanfaat teman.. Terutama yang lagi ngambil matkul PMT anak D3 T.Telekomunikasi, IT Telkom. :D hehehe…

Pengendalian mutu telekomunikasi berasal dari tiga kata, yaitu pengendalian, mutu, dan telekomunikasi. Pengendalian berarti mengatur, mengarahkan, menjaga, mengawasi, meningkatkan, dan memastikan. Mutu adalah suatu kondisi yang dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang memenui atau melebihi harapan. Telekomunikasi adalah suatu bidang mempelajari tentang komunikasi/ hubungan timbal balik antara satu orang dengan orang lainnya. Jadi pengendalian mutu telekomunikasi adalah mengatur, mengarahkan, meningkatkan, dan menjaga agar suatu produk, jasa, proses telekomunikasi dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan pelanggan.

Parameter-parameter penting dalam pengendalian mutu telekomunikasi meliputi:

1. QoS(Quality of Service) dari VoIP

Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.




Kualitas suara VoIP dipengaruhi oleh beberapa parameter yaitu kapasitas bandwidth, tingkat hilang paket dan waktu tunda yang terjadi di dalam jaringan. Kapasitas bandwidth adalah ketersediaan sumber daya jaringan dalam bentuk lebar pita yang digunakan untuk mentransmisikan data paket. Tingkat hilang paket adalah parameter yang menyatakan besarnya laju kesalahan yang terjadi sepanjang jalur pengiriman data paket dari pengirim ke penerima. Waktu tunda adalah parameter yang menyatakan rentang waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket dari pengirim ke penerima.
QoS : kualitas suara, kapasitas bandwith, tingkat hilang paket, waktu tunda dalam jaringan.

2. QoS VPN (Virtual Private Network)

VPN singkatan dari virtual private network, yaitu sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi, dengan enkripsi.
VPN adalah sebuah koneksi virtual yang bersifat privat. Mengapa disebut demikian karena pada dasarnya jaringan ini tidak ada secara fisik hanya berupa jaringan virtual dan mengapa disebut privat karena jaringan ini merupakan jaringan yang sifatnya privat yang tidak semua orang bisa mengaksesnya. VPN Menghubungkan PC dengan jaringan publik atau internet namun sifatnya privat, karena bersifat privat maka tidak semua orang bisa terkoneksi ke jaringan ini dan mengaksesnya. Oleh karena itu diperlukan keamanan data.

Apakah Koneksi menggunakan VPN itu lebih cepat? Hal ini tergantung dari koneksi antara client dengan VPN server karena proses data dilakukan dari VPN otomatis semua data yang masuk ke komputer kita dari jaringan internet akan masuk terlebih dahulu ke VPN server sehingga bila koneksi client ke VPN server bagus maka koneksi juga akan jadi lebih cepat. Biasanya yang terjadi adalah penurunan kecepatan menjadi sedikit lebih lambat karena harus melewati 2 jalur terlebih dahulu temasuk proses enkripsi.
QoS : berdasarkan VPN server, kemanan data.

3. QoS pada BTS (Base Transceiver Station)
BTS adalah kependekan dari Base Transceiver Station. Terminologi ini termasuk baru dan mulai populer di era booming seluler saat ini. BTS berfungsi menjembatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan menuju jaringan lain.

PT.Telkom sebagai salah satu operator telekomunikasi yang mempunyai misi sebagai pemain utama di bisnis infokom di Indonesia, dalam rangka memenangkan persaingan dan memberikan garansi yang layak bagi pelanggannya, harus memperhatikan Quality of Service dari jaringan yang dimiliki. Salah satu bagian penting dalam arsitektur jaringan adalah BTS. Apabila BTS mengalami gangguan bahkan sampai down, maka akan berakibat hilangnya potential revenue bahkan dapat mengakibatkan hilangnya kepercayaan konsumen. Oleh karena itu dibutuhkan metode perawatan BTS yang efektif dan efisien sehingga dapat mempertahankan kondisi BTS tetap baik.

VoIP penting karena sekarang ini di IT Telkom sendiri sedang gencar-gencarnya meresearch dan solusi permasalahan VoIP. Keunggulan VoIP sangat banyak, karena pembelajaran harus sekmakin maju dan video conference harus dikenalkan kepada mahasiswa. Untuk QoS VPN mahasiswa juga harus tahu, lingkungan IT Telkom yang konon katanya Hitech serta dipenuhi dengan sinyal-sinyal hotspot atau yang lebih popular dengan VPN. VPN merupakan layanan yang diberikan kepada setiap mahasiswa, dosen dan pegawai IT Telkom.

Tidak ada salahnya jika mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi menguasai performasi penggunaan maupun perancangan VPN. Banyaknya BTS yang melingkupi IT Telkom ini juga harus diketahui performasi daya terima, kualitas sinyal dan QoS antar BTS. Untuk itu perlu dilakukan simulasi walktest. Untuk wilayah yang luas biasanya disebut dengan drivetest.

No comments:

Post a Comment

Cara Menyenangkan Mengajarkan Bahasa Inggris Pada Anak

pic from : bnu.edu.iq Mumpung lagi on-fire nulis blog, mari lanjutkan tulisan yang udah terlanjur numpuk di otak. Hehe.. Kali ini saya...