Saturday, March 5, 2011

CDMA 2000 1x

Pengkanalan pada sistem CDMA 2000 1x terbagi menjadi 2 bagian yaitu kanal forward yang arahnya dari BTS ke MS dan kanal reverse yang arahnya dari MS ke BTS

Kanal Forward

Kanal-kanal yang ditransmisikan pada arah forward dapat dikategorikan menjadi :

1. Forward Common Channel yang terdiri dari :
  • Forward Pilot Channel (F-PICH), Forward pilot channel ditransmisikan secara kontinu. Kanal ini digunakan oleh seluruh kanal trafik dan digunakan untuk mendeteksi sinyal multipath sehingga kanal pilot ini ditransmisikan dengan daya yang relative lebih besar dibandingkan dengan kanal lain.
  • Forward Sync Channel (F-SYNC), Forward Sync Channel digunakan oleh mobile station yang berada dalam cakupan base station tertentu untuk sinkronisasi initial time dan untuk menentukan lokasi kanal paging.
  • Forward Paging Channel (F-PCH), Forward Paging Channel digunakan untuk mengirimkan informasi jika ada panggilan datang dan pesan paging dari base station ke mobile station, dengan data rate 9,6 atau 4,8 kbps (seperti pada IS-95).
  • Forward Quick Paging Channel (F-QPCH), Kanal ini merupakan tipe baru dari kanal paging yang digunakan pada mode slotted (keadaan dimana MS dapat menerima telepon). Quick page message dikirim mencapai 80 ms sebelum page message untuk memperingati mobile station untuk mendengarkan kanal paging.
  • Forward Common Control Channel (F-CCCH), Kanal ini digunakan untuk signalling messages dari base station ke mobile station dengan panjang frame yang berbeda-beda. Kanal ini identik dengan kanal paging untuk kecepatan 9,6 kbps (frame 20 ms)
  • Forward Auxilary Pilot Channel (F-APICH), Kanal ini digunakan dengan aplikasi antena beam-forming untuk membangkitkan spot beam yang digunakan untuk menigkatkan kapasitas pada area tertentu atau yang memiliki trafik padat.
  • Forward Transmit Diversity Pilot Channel (F-TDPICH), Digunakan untuk meningkatkan kapasitas RF. Kanal ini tidak termodulasi, sinyal DS-SS yang dipancarkan secara terus-menerus oles base station untuk mendukung transmit diversity arah forward.
  • Forward Auxilary Transmit Diversity Pilot Channel (F-ATDPICH), Kanal ini berhubungan dengan auxilary pilot, yang fungsinya menyediakan referensi fasa untuk dimodulasi koheren untuk semua kanal forward dan berhubungan dengan auxilary pilot dan memakai transmit diversity.
  • Forward Common Power Control Channel (F-CPCH), Kanal ini memancarkan bit-bit kontrol daya untuk beberapa mobile dan digunakan oleh operasi mobile dalam akses pengontrolan daya atau reservation acces mode.
  • Forward Common Assigment Channel (F-CACH), Digunakan oleh base station untuk menjawab akses dari mobile station terhadap R-EACH pada kasus mode reservasi untuk memancarkan alamat dari R-CCCH.
  • Forward Broadcast Channel (F-BCH), Kanal ini merupakan kanal paging yang ditugaskan hanya untuk membawa pesan-pesan overhead dan pemancaran pesan-pesan SMS. Kanal ini memnidahkan pesan-pesan overhead dari kanal paging ke kanal broadcast yang terpisah.

2. Forward Dedicated Channel yang terdiri dari :

  • Forward Fundamental Channel (F-FCH), Digunakan untuk transmisi pemakai dan informasi signalling ke mobile station tertentu selama panggilan. Tiap Forward Traffic Channel bisa berisi satu F-FCH.
  • Forward Dedicated Control Channel (F-DCCH), Kanal ini sebagai kanal tambahan dalam hubungan arah forward untuk CDMA2000 1x digunakan untuk pesan dan mengontrol data percakapan.
  • Forward Supplemental Channel (F-SCH), Digunakan untuk aplikasi data kecepatan tinggi, dan mencapai dua kanal. Setiap F-SCH yang diberikan dapat memiliki kecepatan yang berbeda. F-SCH harus dioperasikan dengan R-SCH ketika hanya satu yang ditugaskan.



Kanal Reverse

Kanal-kanal yang ditransmisikan pada arah reverse dapat dikategorikan menjadi :

1. Reverse Common Channel yang terdiri dari :
  • Access Channel (R-ACH), Berfungsi untuk menyediakan komunikasi pada saat mobile station tidak sedang menggunakan traffic channel. Fungsi utamanya adalah untuk merespon paging channel dan pengalamatan panggilan.
  • Enhanced Access Channel (R-EACH), Enhanced Access Channel merupakan pengembangan dari access channel yang mampu meminimalisasi terjadinya tabrakan serta mengurangi daya yang dibutuhkan oleh access channel.
  • Reverse Common Control Channel (R-CCCH), Kanal ini digunakan untuk mengirim signaling message dari mobile station ke base station.


2. Reverse Dedicated Channel yang terdiri dari :
  • Reverse Pilot Channel (R-PCH), Kanal ini berfungsi sebagai pilot yang memungkinkan deteksi koheren pada arah reverse dan memungkinkan mobile station berkomunikasi pada level daya yang lebih rendah dengan cara menginformasikan pada base station level daya yang telah diterima sehingga base station dapat mengukur kembali daya pancarnya.
  • Reverse Dedicated Control Channel (R-DCCH), Kanal ini berfungsi untuk menggantikan metode dim and burst serta blank and burst pada traffic hannel dan digunakan untuk mengirimkan pesan serta mengontrol panggilan.
  • Reverse Fundamental Channel (R-FCH), Kanal ini digunakan untuk mengakomodasi layanan suara dan data berkecepatan rendah yaitu 9,6 Kbps (rate set 1) dan 14,4 Kbps (rate set 2).
  • Reverse Supplemental Channel (R-SCH), Kanal ini digunakan untuk mengakomodasi layanan dengan data rate yang lebih besar dari 9,6 Kbps dan 14,4 Kbps serta diterapkan pada RC3-RC6 yang memiliki skema modulasi, coding, dan vocoder yang berbeda-beda.
  • Reverse Supplemental Code Channel (R-SCCH), Fungsi kanal ini hampir sama dengan Reverse Supplemental Channel hanya saja digunakan pada RC1 dan RC2

No comments:

Post a Comment

Cara Menyenangkan Mengajarkan Bahasa Inggris Pada Anak

pic from : bnu.edu.iq Mumpung lagi on-fire nulis blog, mari lanjutkan tulisan yang udah terlanjur numpuk di otak. Hehe.. Kali ini saya...