Sunday, August 22, 2010

ANECHOIC CHAMBER (RUANG TANPA GEMA)

pic from : itb.ac.id

Dalam suatu media transmisi, pengukuran suatu gelombang, VSWR, panjang gelombang, tegangan, dan parameter antenna sangatlah diperlukan. Karena ini menyangkut kualitas dan kuantitas suatu media transmisi. Anechoic Chamber merupakan alat untuk pengukuran gelombang mikro pada antena. Dalam Bahasa Indonesia artinya ruang tanpa gema, yaitu ruangan yang digunakan untuk pengukuran, terutama untuk antenna gelombang mikro. Anechoic chamber memberikan ketepatan pengukuran dan lingkungan elektromagnetika yang terkontrol, serta mencegah interferensi EM dari dalam dan/ke luar ruangan.


Pengertian Anechoic chamber

Anechoic berarti "tidak memiliki atau menghasilkan gema." Dalam pembahasan kali ini, gema biasanya merujuk ke RF dan / atau refleksi microwave. Sehingga anechoic chamber ini pada dasarnya adalah "stealth ruang" yang tak terlihat dengan suatu produk atau tes yang sedang dilakukan di dalamnya. Tergantung pada tujuan ruangan, bahan anechoic dapat ditempatkan di dinding dan langit-langit (biasanya disebut sebagai "semi-anechoic") atau dapat ditempatkan pada semua enam sisi ruangan ("fully anechoic").

Sebuah ruang tanpa gema adalah sebuah ruangan yang dirancang untuk meredam gelombang refleksi baik suara atau elektromagnetik. Ruangan tersebut juga terisolasi dari noise yang berasal dari luar. Kombinasi dari kedua aspek adalah mensimulasikan ruang terbuka di dalam dimensi tak terbatas, yang berguna ketika hasil yang ada tidak berpengaruh sama sekali dari pengaruh luar. Ruang tanpa gema awalnya digunakan dalam konteks akustik (gelombang suara) untuk meminimalkan refleksi dari ruangan tersebut.

Macam-macam Anechoic chamber

Di dalam ruangan tanpa gema, dinding yang menyelimutinya tidaklah seperti kebanyakan ruangan pada umumnya yang berbentuk datar. Dinding penyerap yang dimiliki ruangan tanpa gema bersifat khusus dan mempunyai bentuk-bentuk tertentu. Diantara beberapa jenis penyerap yang sering digunakan di dalam ruangan tanpa gema diantaranya :
1. Penyerap bentuk piramida
2. Penyerap bentuk prisma segitiga

Anechoic chamber ada dua jenis yaitu :
1. Ruangan persegi panjang
2. Ruangan trapesium


Kegunaan Anechoic Chamber

Fungsi dari ruang tanpa gema secara penuh ialah mirip seperti free space, ruangan harus menunjukkan koefisien pantulnya bernilai nol dari pengukuran dinding-dinding chamber tersebut. Pada kenyataannya tidaklah mungkin untuk mendapatkan koefisien pantul = 0, akan tetapi tujuan dari ruang tanpa gema ini sebenarnya ialah mendekati nilai dari nol tersebut.
Anechoic chamber juga telah digunakan untuk berbagai macam kegunaan lain misalnya untuk menguji antena (pengukuran), radar atau gangguan elektromagnetik, untuk telepon bergerak, satelit dan Tes Near Field Sites (dengan sistem positioner).

Prinsip kerja
Pada dasarnya sifat dinding pada ruang tanpa gama dapat meredam gelombang pancar yang dibutuhkan oleh antena penerima dalam jarak tertentu yang diletakkan dalam ruangan. Peran yang dihasilkan sebagai penyerap gelombang elektromagnetik yang terdapat dalam ruangan adalah lapisan pelapis yang terdapat di setiap dinding ruang tanpa gema yang terbuat dari bahan penyusun yang dirancang sedemikian sehingga menyerap dan mendesipasikan setiap gelombang elektromagnetik yang masuk.
Ada 2 fitur utama dari sebuah ruangan anechoic:
1) dinding ~ non-reflektif, sehingga bisa mendapatkan pendekatan yang baik untuk membebaskan ruang ketika mengukur antena. Untuk itu, diperlukan bahan penyerap di dinding, langit-langit, dan kadang-kadang lantai. Dinding non-reflektif banyak membantu jika beroperasi selama band frekuensi yang sempit, sebagai penyerap desain jauh lebih mudah.
2) Seluruh ruangan yang terlindung (shield). Artinya, bila Anda menutup pintu, setiap energi RF di luar ruangan sangat dilemahkan.

Prinsip Penyerap Elektromagnetik
Beberapa sifat gelombang elektromagnetik diantaranya :
1. Dapat merambat dalam ruang hampa,
2. Merupakan gelombang transversal,
3. Dapat mengalami polarisasi,
4. Dapat mengalami pemantulan,
5. Dapat mengalami pembiasan,
6. Dapat mengalami interferensi,
7. Dapat mengalami hamburan,
8. Merambat dalam arah lurus.


Setiap gelombang elektromagnetik yang merambat dalam 2 medium yang berbeda dan tegak lurus akan mengalami 2 fenomena.

Gelombang datang akan terbagi 2 bagian dengan besar tertentu, yaitu gelombang yang diteruskan dan gelombang yang akan dipantulkan. Untuk bahan ini diusahakan dan mendesipasikan elektromagnetik sehingga diperlukan bahan dengan

1 comment:

Cara Menyenangkan Mengajarkan Bahasa Inggris Pada Anak

pic from : bnu.edu.iq Mumpung lagi on-fire nulis blog, mari lanjutkan tulisan yang udah terlanjur numpuk di otak. Hehe.. Kali ini saya...