Saturday, December 4, 2010

REFLEXOLOGY


Reflexology berasal dari Cina sekitar 5000 tahun yang lalu. Selain China, penyembuhan menggunakan  reflexology juga digunakan pada zaman Mesir Kuno, negara India, Jepang dan peradaban kuno Peru. Pada abad 16 perkembangan dunia medis mulai merambah di negara Eropa. Salah satu buku reflexology pertama diterbitkan pada tahun 1582, oleh dua dokter Eropa terkemuka, Dr A'tatis dan Dr Adamus. Namun, yang mengembangkan praktek pijat refleksi di Eropa adalah Dr. William Fitzgerald. 

Karena itu ia dikenal sebagai bapak refleksi. Dr. William Fitzgerald menemukan bahwa tekanan, bila diterapkan pada titik-titik tertentu pada tubuh dapat menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan fungsi organ tubuh tertentu. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Dr. William tubuh dibagi menjadi 10 zona energi sama longitudinal : lima yang berkaitan dengan bagian kanan tubuh dan lima ke kiri setengah. Sepuluh zona energi ini berakhir pada telapak kaki dan telapak tangan. Sepuluh zona ini, dikenal dengan nama "Zona Terapi".

to be continue.... hehe...

No comments:

Post a Comment

Cara Menyenangkan Mengajarkan Bahasa Inggris Pada Anak

pic from : bnu.edu.iq Mumpung lagi on-fire nulis blog, mari lanjutkan tulisan yang udah terlanjur numpuk di otak. Hehe.. Kali ini saya...