Saturday, April 26, 2014

Metode pengobatan ala Rasulullah

Menyambung postingan sebelumnya, dalam buku thibbun nabawi dijelaskan bahwa penyakit itu terbagi menjadi dua,yakni penyakit hati dan penyakit jasmani. Penyakit hati ada dua macam, yaitu penyakit syubhat yang disertai keraguan dan penyakit syahwat yang disertai kesesatan. (SurahAlBaqoroh : 10).

Metode pengobatan penyakit jasmani meliputi tiga aturan dasar:
1. Menjaga kesehatan (Al Baqoroh 184)
2. Mencegah masuknya zat-zat berbahaya ke dalam tubuh (Al Baqoroh 196)
3. Pembebasan tubuh dari zat-zat yang berbahaya (AnNisa 43)

Rasulullah memberi petunjuk tentang cara mengobati tidak berupa campuran kimiawi melainkan dengan makanan sehat non kimiawi. Berikut contoh pengobatan yang diajarkan oleh Rasulullah :

1. Demam
Diriwayatkan dalam shahih Bukhari Muslim bahwa Rasulullah bersabda : "Sesungguhnya demam atau demam berat berasal dari uap jahanan, karena itu dinginkanlah dengan air". Artinya segala bentuk kondisi demam dapat diobati dengan menggunakan air, melalui dua cara yaitu pertama dari arah luar yakni dengan mengkompresnya menggunakan air dingin. Kedua dengan meneguk sebanyak mungkin air ketika demam.

To be continue,,,


No comments:

Post a Comment

Cara Menyenangkan Mengajarkan Bahasa Inggris Pada Anak

pic from : bnu.edu.iq Mumpung lagi on-fire nulis blog, mari lanjutkan tulisan yang udah terlanjur numpuk di otak. Hehe.. Kali ini saya...