Sunday, September 14, 2014

Aku mencintaimu karena Allah




Bismillahirrahmanirrahim

Kali ini saya akan menulis mengenai cinta. Banyak sekali definisi-definisi cinta didunia ini,serta berbagai ungkapan cinta. Nah, kadang kita mendengar istilah “Aku mencintaimu karena Allah, istriku”.  Dalam kitab Ihya dituliskan bahwa, saling mencintai karena Allah SWT dan menganggap seseorang sebagai saudara karena agamanya adalah sebaik-baik hubungan persaudaraan.

Ada seseorang yang mencintai orang lain karena fisiknya yang cantik, ada pula karena saudaranya tersebut adalah media untuk mendapatkan kepentingan duniawi/akhirat. Ada pula orang yang mencintai saudaranya tidak untuk mencari kepentingan duniawi maupun akhirat, tetapi memang benar2 mencintainya karena dia adalah hamba Allah. Barangsiapa yang mencitai sesuatu karena (demi kebaikan) saudaranya maka inilah yang disebut dengan persaudaraan karena Allah SWT, sebagaimana yang dikatakan Majnun bin Amir dalam syairnya :

Aku melintasi rumah Laila, lalu aku mencium dindingnya yang ini dan yang itu
Bukan rasa cinta kepada rumah itu yang menggelayuti hatiku, tetapi rasa cinta kepada penghuninyalah yang membuatku berbuat seperti itu

Seperti itulah gambaran rasa cinta kita kepada Allah melalui hambaNya. Sebagaimana kita diperintahkan untukmencintai karena Allah. Barangsiapa mencintai seseorang karena ia adalah kekasih Allah dan taat kepadaNya, maka ia pun harus membenci musuhnya karena mereka durhaka kepadaNya.

Jadi saat kita berbuat baik dan mencintai orang tua, suami, anak, sahabat, saudara dan tetangga, it'a because Allah. Dinukil juga dari sebuah cerita :

Suatu ketika seorang Habaib dari Hadramaut ingin menunaikan ibadah haji dan berziaroh ke kakeknya Rasulullah SAW. Beliau berangkat dengan diiringi rombongan yang melepas kepergiannya. Seorang Sulton di Hadramaut, kerabat Habib tersebut, menitipkan Al-Qur’an buatan tangan yang terkenal keindahannya di jazirah arab pada saat itu untuk disampaikan kepada raja Saudi.

Sesampai di Saudi, Habib tersebut disambut hangat karena statusnya sebagai tamu negara. Setelah berhaji, beliau ziarah ke makam Rasulullah. Karena tak kuasa menahan kerinduannya kepada Rasulullah, beliau memeluk turbah Rasulullah. Beberapa pejabat negara yang melihat hal tersebut mengingkari hal tersebut dan berusaha mencegahnya sambil berkata, “Ini bid’ah dan dapat membawa kita kepada syirik.” Dengan penuh adab, Habib tersebut menurut dan tak membantah satu kata pun.

Beberapa hari kemudian, Habib tersebut diundang ke jamuan makan malam raja Saudi. Pada kesempatan itu beliau menyerahkan titipan hadiah Al Quran dari Sulton Hadramaut. Saking girang dan dipenuhi rasa bangga, Raja Saudi mencium Al Qur’an tersebut!

Berkatalah sang Habib, “Jangan kau cium Qur’an tersebut… Itu dapat membawa kita kepada syirik!” Sang raja menjawab, “Bukanlah Al Qur’an ini yang kucium, akan tetapi aku menciumnya karena ini adalah KALAMULLAH!”

Habib berkata, “Begitu pula aku, ketika aku mencium turbah Rasulullah, sesungguhnya Rasululullah-lah yang kucium! Sebagaimana seorang sahabat (Ukasyah) ketika menciumi punggung Rasulullah, tak lain adalah karena rasa cinta beliau kepada Rasulullah. Apakah itu syirik?!”

Tercengang sang raja tak mampu menjawab.

No comments:

Post a Comment

Cara Menyenangkan Mengajarkan Bahasa Inggris Pada Anak

pic from : bnu.edu.iq Mumpung lagi on-fire nulis blog, mari lanjutkan tulisan yang udah terlanjur numpuk di otak. Hehe.. Kali ini saya...